Diskusi Antara Tim Pascasarjana Unand dan Pascasarjana Unsada Tentang Pengelolaan Program Studi

Tim Sekolah Pascasarjana Universitas Andalas (Unand) yang di pimpin oleh Dr. Fadjar Goembira, S.T., M.Sc. melakukan kunjungan ke Sekolah Pascasarjana Unsada, pada tanggal 07 Juli 2022 dan disambut oleh direktur Sekolah Pascasarjana Dr. Ir. As Natio Lasman dan Ka. Prodi Teknik Energi Terbarukan Unsada Dr.Eng. Aep Saepul Uyun, S.Tp., M.Eng.

Sekolah Pascasarjana Universitas Andalas (Unand) memiliki Pusat Studi Energi (PSE) yang ingin dikembangkan dan berfokus pada pengembangan Energi Terbarukan. Lebih jauh kedatangan Tim dari Unand juga membicarakan terkait pendidikan sekolah pascasarjana dan potensi kerjasama tridarma perguruan tinggi bersama Sekolah Pascasarjana Unsada. Mengingat potensi energi terbarukan di daerah Sumatera Barat cukup banyak, beberapa diantaranya adalah potensi energi panas bumi, biomassa, energi air dan juga energi surya yang cukup besar.

Dalam kesempatan ini, Direktur Sekolah Pascasarjana Unsada menyampaikan, bahwa Sekolah Pascasarjana Unsada menyambut baik potensi kerjasama tridarma perguruan tinggi, khususnya pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tentang energi terbarukan, mengingat banyaknya tenaga pengajar di Unsada yang pakar di bidang Energi Terbarukan mulai dari akademisi dan praktisi. Lebih jauh, Direktur SPS Unsada menyampaikan bahwa, mau tidak mau sebagai warga dunia yang turut menyepakati net zero emission pada tahun 2060 untuk melakukan transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan. Sehingga kita perlu mengeksplorasi potensi energi terbarukan yang ada di setiap daerah di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Dalam kesempatan lain, Ka. Prodi Teknik Energi Terbarukan Unsada juga menjelaskan program magister di sekolah pascasarjana Unsada. Sistem perkuliahan yang dapat dilakukan secara online dan hybrid diharapkan dapat menjangkau masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Sehingga peran pendidikan dalam menyiapkan SDM untuk energi terbarukan dapat terlaksana dengan baik. Potensi kerjasama antara Pusat Studi Energi (PSE) Unand dan Pusat Kajian Energi Terbarukan Unsada perlu di lakukan pembicaraan lebih lanjut agar dapat lebih cepat membantu pemerintah dalam memaksimalkan potensi energi terbarukan di Indonesia.

Salam Energi Terbarukan….

Featured Articles

fEATURED vIDEO

cATEGORIES

Chinese (Simplified)EnglishItalianJapanese