Program Studi : ENERGI TERBARUKAN

24th December, 2008 - Posted by admin - No Comments

Universitas Darma Persada merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang  membuka pendidikan pascasarjana Program Studi : Energi Terbarukan dan merupakan gagasan orisinil dari pimpinan (mantan rektor : Prof. Kamaruddin). Program studi ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan masalah pembangunan pedesaan. Kurikulumnya dirancang melalui pendekatan multidisipliner dan holistik dengan memadukan unsur yang berkaitan dengan energi, ekonomi, lingkungan dan humaniora.

Program ini merupakan salah satu implementasi konsep desa mandiri yang diusulkan oleh Universitas Darma Persada yaitu konsep yang memadukan pemanfaatan energi terbarukan, mandiri secara ekonomi dan ramah lingkungan (Energy, Economic, Environmently Independent / E3i).

Konsep E3i ini selaras dengan konsep Desa Mandiri Energi (DME) yang baru-baru ini diluncurkan oleh Pemerintah. DME dan Desa Mandiri E3i diharapkan dapat mempercepat pembangunan pedesaan secara berkelanjutan dan harmonis.

Visi
Menjadi Sekolah Pascasarjana unggulan dalam pendidikan Energi Terbarukan, Manajemen, Bahasa dan Budaya Jepang yang berwawasan lingkungan berdasarkan atas kearifan lokal dan budaya “Monozukuri” di ASEAN 5 tahun kedepan.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dengan membuka Program Studi Energi Terbarukan, Program Studi Manajemen dan Program Studi Bahasa dan Budaya Jepang. yang multidisiplin secara profesional dan akuntabel,
  • Menyelenggarakan pendidikan Program Studi S2 Magsiter dengan kurikulum berbasis kompetensi dan memiliki ciri khas Monozukuri  serta  fleksibel sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Melakukan riset dibidang Energi Terbarukan, Manajemen, Bahasa dan Budaya Jepang yang berorientasi kepada kepentingan akademik, masyarakat dan dunia kerja
  • Melakukan kerjasama dengan akhli-akhli dibidang Energi Terbarukan, Manajemen, Bahasa dan Budaya Jepang maupun dengan lembaga terkait baik ditingkat nasional maupun internasional.
  • Mensosilisasikan pemanfaatan energi terbarukn sesuai dengan tugas Tridharma Perguruan Tinggi.
  • Mengintegrasikan konsep Desa E3i (Energi, Ekonomi dan Environment) yang mandiri dari UNSADA dengan program DME (Desa Mandiri Energi) pemerintah dan swasta.

Posted on: December 24, 2008

Filed under: Peserta

No Comments

No Comments

Leave a reply